Tugas Pokok dan Fungsi KPPT

Senin, 25 Oktober 2010

Tugas Pokok KPPT Provinsi Bali adalah membantu Gubernur dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Bali.

Kepala Kantor mempunyai tugas:

  • menyusun rencana dan program kerja Kantor;
  • mengkoordinasikan penyusunan rencana kerja dan program kerja Kantor;
  • merumuskan kebijakan umum Kantor serta menyelenggarakan administrasi berdasarkan kewenangan;
  • mendistribusikan tugas kepada bawahan;
  • menilai prestasi kerja bawahan;
  • menandatangani perizinan atas nama Kepala Daerah berdasarkan pendelegasian wewenang dari Kepala Daerah.
  • Melakukan pengelolaan perizinan bersama bidang pelayanan umum yang menjadi kewenangan Provinsi;
  • Melaksanakan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi pelayanan perizinan baik secara vertikal maupun horizontal pada unit kerja yang mempunyai kewenangan dibidang pelayanan perizinan terpadu;
  • melakukan pengendalian terhadap pelayanan umum dan perizinan;
  • mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pada tahun berjalan;
  • melaksanakan pembinaan umum dan pembinaan teknis;
  • melaksanakan sistim pengendalian intern;
  • melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
  • melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah dibawah koordinasi Asisten Pemerintahan.

1. Kepala Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas:

  • menyusun rencana dan program kerja Sub Bagian;
  • memberikan petunjuk kepada bawahan;
  • menilai prestasi kerja bawahan;
  • menyelenggarakan penatausahaan kearsipan dan perpustakaan kantor;
  • menyelenggarakan, menginventarisasi, memelihara dan melayani kebutuhan peralatan dan perlengkapan kantor;
  • menyiapkan dan mengatur tempat rapat-rapat yang diselenggarakan oleh kantor;
  • menyelenggarakan administrasi dibidang kepegawaian, keuangan dan kehumasan kantor;
  • melaksanakan sistem pengendalian intern;
  • melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
  • melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Kantor.


2. Kepala Seksi Perizinan Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat mempunyai tugas:

  • menyusun rencana dan program kerja Seksi;
  • memberikan petunjuk kepada bawahan;
  • menilai prestasi kerja bawahan;
  • memproses dan menyiapkan dokumen perizinan dibidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat;
  • memberikan bimbingan dan penyuluhan dibidang perizinan dan non perizinan bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat;
  • menginventarisir, mengidentifikasi permasalahan dan membuat alternatif pemecahan;
  • melakukan kajian dan meneliti permohonan perizinan dan non perizinan bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat bersama Tim teknis;
  • melaksanakan sistem pengendalian intern;
  • melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
  • melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Kantor.

3. Kepala Seksi Perizinan Bidang Ekonomi mempunyai tugas:

  • menyusun rencana dan program kerja Seksi;
  • memberikan petunjuk kepada bawahan;
  • menilai prestasi kerja bawahan;
  • memproses dan menyiapkan dokumen perizinan dibidang ekonomi;
  • memberikan bimbingan dan penyuluhan dibidang perizinan dan non perizinan dibidang ekonomi;
  • menginventarisir, mengidentifikasi permasalahan dan membuat alternatif pemecahan;
  • melakukan kajian dan meneliti permohonan perizinan dan non perizinan bidang ekonomi bersama Tim teknis;
  • melaksanakan sistem pengendalian intern;
  • melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
  • melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Kantor.

4. Kepala Seksi Perizinan Bidang Pembangunan mempunyai tugas:

  • menyusun rencana dan program kerja Seksi;
  • memberikan petunjuk kepada bawahan;
  • menilai prestasi kerja bawahan;
  • memproses dan menyiapkan dokumen perizinan dibidang pembangunan;
  • memberikan bimbingan dan penyuluhan dibidang perizinan dan non perizinan dibidang pembangunan;
  • menginventarisir, mengidentifikasi permasalahan dan membuat alternatif pemecahan;
  • melakukan kajian dan meneliti permohonan perizinan dan non perizinan bidang pembangunan bersama Tim teknis;
  • melaksanakan sistem pengendalian intern;
  • melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan; dan
  • melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Kantor.

5. Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas:
melaksanakan sebagian tugas Kantor sesuai dengan keahlian dan kebutuhan.

6. Tim Teknis mempunyai tugas:
melaksanakan sebagian tugas Kantor sesuai dengan kewenangan untuk memberikan pelayanan perizinan.